in

MediaTek Kembangkan Alternatif Chipset Windows-on-ARM

Microsoft bekerja sama dengan MediaTek untuk merancang chipset alternatif untuk perangkat Windows-on-ARM. Chipset ini akan menggunakan inti CPU dan GPU standar ARM, sehingga mempercepat pengembangan.

MediaTek sudah memiliki pengalaman dalam memproduksi chip untuk Chromebook, yang dapat menjadi dasar untuk desain Windows. Namun, tidak jelas apakah chip MediaTek ini akan memenuhi syarat untuk program Copilot+ Microsoft, yang mengharuskan daya komputasi AI on-device minimal 40 TOPS.

Peluncuran chip MediaTek diprediksi tidak akan terjadi hingga akhir tahun depan. Hal ini karena kesepakatan eksklusivitas Qualcomm dengan Microsoft baru akan berakhir pada 2025.

Selain MediaTek, AMD juga dikabarkan tengah mengembangkan chip berbasis ARM untuk Windows. AMD diperkirakan akan menggunakan teknologi GPU Radeon, mirip dengan yang saat ini digunakan dalam chip Exynos, meski kolaborasi dengan Samsung akan segera berakhir.

Dengan hadirnya pilihan chipset yang lebih beragam dari MediaTek dan AMD, pasar Windows-on-ARM diperkirakan akan semakin kompetitif dan menawarkan lebih banyak opsi bagi produsen perangkat.

What do you think?

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Honor Magicbook Pro 16 Diluncurkan Secara Internasional

Oppo Reno12 dan Reno12 Pro Siap Meluncur Secara Global