in

India Akan Mewajibkan Konektor USB-C pada Smartphone dan Laptop

India akan segera menerapkan konektor USB-C pada semua smartphone dan laptop, menurut laporan Livemint. Produsen smartphone harus mematuhinya pada Juni 2025, sementara laptop harus memiliki konektor USB-C untuk pengisian daya pada akhir 2026.

Keputusan India untuk mewajibkan port USB-C muncul setelah penerapan serupa oleh Uni Eropa yang berlaku mulai tahun ini. Tujuannya adalah untuk mengurangi limbah elektronik karena semua perangkat akan menggunakan kabel pengisian daya yang sama, sehingga akan menyederhanakan penggunaan bagi pengguna. Ini juga akan mengurangi biaya karena produsen tidak perlu membuat berbagai jenis pengisi daya dan kabel.

Peraturan baru ini berlaku di pasar yang lebih luas, tidak hanya smartphone dan tablet Android dan iOS, tetapi juga perangkat Windows dan Mac.

Namun, undang-undang baru ini tidak berlaku untuk aksesori kecil seperti gelang kebugaran, jam tangan pintar, dan earbud. Selain itu, juga tidak berlaku untuk ponsel biasa.

Meskipun belum ada pernyataan resmi dari Kementerian TI India, para pembuat kebijakan kemungkinan akan segera mengumumkan peraturan tersebut. Sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan bahwa pemerintah telah berbicara dengan beberapa nama besar di industri ini dan mereka mendukung keputusan tersebut.

What do you think?

Avatar photo

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Seri Realme Dikembalikan di Pakistan dengan Dua Model Baru

Apple Watch X Hadir dengan Bezel Lebih Tipis dan Layar Lebih Besar