in

Performa Grafik Snapdragon 8 Gen 4 Melejit, Siap Tampil Gacor di Smartphone Flagship

Industri teknologi bersiap menyambut kehadiran prosesor seluler terbaru, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4. Tak hanya menjanjikan peningkatan kinerja CPU, pengolah grafis (GPU) Adreno 830 yang disematkan di dalamnya disebut-sebut bakal hadir dengan peningkatan yang signifikan.

Berdasarkan laporan dari pengguna Weibo, Adreno 830 menawarkan peningkatan kinerja hingga 43-56%. GPU ini dikabarkan akan beroperasi pada frekuensi 1,15 GHz, namun ada indikasi bahwa Qualcomm sedang menguji kecepatan clock hingga 1,25 GHz.

Patut dicatat, hasil pengujian tersebut diperoleh dari Qualcomm Reference Device (QRD) yang menggunakan versi awal dari chip baru. Versi ritel biasanya dapat mencapai kecepatan clock yang lebih tinggi, sehingga angka 1,25 GHz masih mungkin tercapai.

Hasil benchmark dari GFX Bench’s Aztec Ruins High menunjukkan perolehan frame rate sebesar 125 fps untuk Snapdragon 8 Gen 4, jauh mengungguli Snapdragon 8 Gen 3 dengan GPU Adreno 750 yang hanya mencapai 96 fps. Pada pengujian 3DMark’s Wild Life offscreen, GPU baru ini menghasilkan frame rate 166 fps, dan 44 fps pada pengujian Wild Life Extreme Unlimited.

Ponsel pertama yang akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 4 diperkirakan adalah Xiaomi 15 dan 15 Pro, disusul OnePlus 13 dan iQOO 13. Namun, masih belum jelas apakah Samsung Galaxy S25 Ultra akan menggunakan chip "for Galaxy" dengan kecepatan clock yang lebih tinggi atau tidak.

Selain peningkatan GPU, Snapdragon 8 Gen 4 juga dikabarkan hadir dengan peningkatan kinerja CPU. Kedua core utama Galaxy S25 Ultra telah diuji pada kecepatan clock 4,2 GHz, dengan kemungkinan variasi pada kecepatan akhir. Sebelumnya, sempat beredar rumor bahwa Qualcomm akan menggunakan dua sumber untuk chip 8 Gen 4, namun informasi terbaru menunjukkan bahwa semua chip tersebut akan diproduksi oleh TSMC dengan fabrikasi 3nm.

Snapdragon 8 Gen 4 dijadwalkan hadir pada bulan depan, dan ponsel pertama yang menggunakannya diharapkan segera dirilis setelahnya. OnePlus 13 telah dikonfirmasi akan diluncurkan pada Oktober, sedangkan Xiaomi diperkirakan akan merilis ponselnya lebih cepat.

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Siap-siap, Samsung Galaxy S25 Ultra Hadir dengan Performa Super Kencang

earbuds Nothing Ear (open): Inovasi Nyaman untuk Kesadaran Situasional