in

Samsung Galaxy A16 5G: Berjanji Pembaruan Enam Tahun, Benarkah Istimewa?

Rilis Samsung Galaxy A16 5G menuai perhatian publik bukan karena desainnya yang biasa-biasa saja, melainkan janji pembaruan perangkat lunak selama enam tahun. Menggiurkan?

Galaxy A16 5G mulai mendekati status resmi dengan munculnya halaman dukungan di situs Samsung India dan sertifikasi NBTC di Thailand. Namun, ada sedikit kerumitan di sini.

Tertera nomor model SM-A166P/DS, sama dengan yang tercantum di halaman dukungan untuk India. Nomor model ini sebelumnya terlihat di hasil benchmark yang mengungkap prosesor Dimensity 6300 di dalamnya.

Namun, muncul juga nomor model SM-A166E dengan prosesor Exynos 1330. Tampaknya Samsung akan menawarkan prosesor berbeda untuk setiap wilayah. Dengan demikian, India dan Thailand kemungkinan akan mendapatkan versi Dimensity.

Sayangnya, hasil benchmark juga menunjukkan kapasitas RAM yang tergolong kecil, yaitu 4GB. Kapasitas ini mungkin terasa kurang memadai untuk penggunaan selama enam tahun. Untungnya, terungkap pula model dengan RAM 6GB, meski kapasitas tersebut juga terbilang pas-pasan. Semoga saja Samsung menyediakan opsi RAM 8GB.

Dari rumor yang beredar, Galaxy A16 5G akan hadir dengan layar LCD 6,7 inci (1.080 x 2.340px, 90Hz, 800 nits), penyimpanan internal 128/256GB, dan ketahanan debu dan air dasar dengan peringkat IP54. Perangkat ini juga akan ditenagai oleh baterai 5.000mAh dan diperkirakan akan mendukung pengisian daya 25W.

Terlepas dari janji pembaruan perangkat lunak enam tahun, spesifikasi Galaxy A16 5G masih terkesan standar. Apakah janji pembaruan ini cukup untuk membuat perangkat ini istimewa? Waktu yang akan menjawabnya.

What do you think?

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

iQOO Z9 Turbo+: Smartphone Berkinerja Tinggi dengan Teknologi Mutakhir

Earphone Open-Ear Nothing Ear (open): Nyaman dan Nyentrik