in

HarmonyOS Next: Sistem Operasi Huawei Tanpa Android, Meluncur 22 Oktober

Jakarta, Kompasiana – Huawei, raksasa teknologi asal Tiongkok, siap meluncurkan versi komersial HarmonyOS Next pada 22 Oktober 2023. Tanggal tersebut bertepatan dengan rumor peluncuran Nova 13 series.

HarmonyOS Next merupakan tonggak sejarah bagi ambisi perangkat lunak Huawei. Sistem operasi ini menandai meninggalkan Android Open Source Project (AOSP) dan dukungan untuk aplikasi Android, berganti ke kode dan aplikasi buatan sendiri.

Versi pengembang telah dirilis pada pertengahan tahun lalu, dan divisi perangkat lunak Huawei telah gencar mengembangkan ekosistem aplikasi dan layanan untuk menyambut pengguna. Berdasarkan laporan terbaru, HarmonyOS Next telah mengantongi lebih dari 10.000 aplikasi dan layanan.

Secara visual, HarmonyOS Next identik dengan HarmonyOS versi saat ini, namun tidak lagi memiliki kemampuan menjalankan kode dan aplikasi Android. HarmonyOS Next menggunakan sistem operasi mikrokernenel yang dikembangkan sendiri berdasarkan inti sumber terbuka OpenHarmony.

Aplikasi pada HarmonyOS Next didukung oleh Ark Compiler dengan Huawei Mobile Services (HMS). Sistem operasi ini menjanjikan arsitektur terpadu yang mulus antara perangkat HarmonyOS Next dan cloud, serta interkonektivitas antar berbagai faktor bentuk perangkat.

Peluncuran HarmonyOS Next menjadi bukti tekad Huawei untuk mandiri dalam hal perangkat lunak. Dengan ekosistem aplikasi dan layanan yang terus berkembang, pengguna dapat menantikan pengalaman baru dan terintegrasi yang hanya dapat diberikan oleh Huawei.

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Oppo Siap Gelar Peluncuran Seri Find X8, Pad 3 Pro, dan Enco X3

Huawei Nova 13 Series Siap Meluncur, Catat Tanggalnya!