in

vivo Y19s: Ponsel Tangguh yang Menarik untuk Segmen Menengah

Jakarta, Kompasiana – Vivo Y19s baru saja meluncur secara diam-diam. Meski namanya mirip dengan Y19 yang dirilis pada 2019, ponsel ini merupakan penerus dari Y17s yang diluncurkan akhir tahun lalu.

Meski bukan peningkatan total, Y19s membawa beberapa peningkatan penting, seperti desain yang lebih kokoh, speaker stereo yang bertenaga, dan baterai besar 5.500 mAh.

Layar dan Kamera

Y19s dibekali layar LCD berukuran 6,68 inci. Panel ini memiliki refresh rate 90 Hz dan kecerahan maksimal 1.000 nits, tetapi resolusinya masih HD+. Kamera selfie kini berada di dalam lubang kecil di layar, namun resolusinya turun menjadi 5 MP.

Bagian belakang kamera tidak banyak berubah, dengan sensor utama 50 MP dan kamera bantu. Yang baru dan mencolok adalah lampu LED RGB melingkar di modul kamera. Lampu ini dapat digunakan untuk notifikasi atau sebagai aksesori saat mendengarkan musik.

Audio dan Baterai

Vivo Y19s dilengkapi dengan speaker stereo. Dalam lingkungan yang bising, volume speaker dapat ditingkatkan hingga 300%. Fitur ini mungkin hanya gimmick, tetapi cukup menghibur.

Selain itu, ponsel ini memiliki jack headphone 3,5 mm di bagian bawah, di samping port USB-C 2.0. Baterai yang disematkan juga tahan lama, dengan kapasitas 5.500 mAh. Baterai ini diklaim mampu bertahan hingga 8 jam bermain PUBG atau hampir 20 jam menonton YouTube.

Pengisian daya baterainya hanya 15W, sehingga pengisian akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Perlu diketahui bahwa paket penjualan tidak menyertakan pengisi daya, kecuali untuk unit yang dijual di Filipina dan Thailand.

Performa dan Fitur Lain

Y19s tidak dirancang khusus untuk bermain game, karena ditenagai oleh chipset Unisoc T612. Chipset ini menggunakan proses fabrikasi 12 nm dan memiliki dua core Cortex-A75 dan enam core A55, semuanya berjalan pada 1,8 GHz. GPU yang digunakan adalah Mali-G57.

Chipset ini dipadukan dengan RAM LPDDR4X 6 GB dan penyimpanan internal eMMC 5.1 128 GB. Tray kartu dapat menampung dua kartu SIM nano dan kartu microSD. Ponsel ini menggunakan FuntouchOS 14 (Android 14).

Chipset T612 hanya mendukung konektivitas 4G, sehingga ponsel ini tidak memiliki konektivitas generasi terbaru.

Harga dan Ketersediaan

Vivo Y19s belum tersedia di pasaran, sehingga belum ada informasi mengenai harganya. Namun, diperkirakan ponsel ini tidak akan dibanderol dengan harga yang mahal.

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

YouTube Dapatkan Fitur Baru, Makin Nyaman dan Personal

Pertarungan Ketat Pasar Smartphone Global: Apple dan Samsung Saling Tempel