in

HarmonyOS Next, Sistem Operasi Huawei yang Menjanjikan Ekosistem Terpadu

Jakarta – Huawei telah menorehkan babak baru dalam sejarahnya dengan meluncurkan HarmonyOS Next, sistem operasi (OS) yang dikembangkan secara independen dari Android dan Linux. Peluncuran ini sekaligus menandai transisi Huawei menuju OS buatan sendiri yang sepenuhnya terintegrasi.

HarmonyOS Next dirancang untuk menggerakkan berbagai perangkat Huawei di Tiongkok, mulai dari ponsel pintar, perangkat pintar yang dapat dikenakan, perangkat rumah pintar, hingga kokpit mobil. Huawei juga telah mengonfirmasi akan merilis HarmonyOS Next secara global di masa mendatang.

OS terbaru Huawei ini menggunakan mikrokernel yang dikembangkan sendiri berdasarkan inti sumber terbuka OpenHarmony. HarmonyOS Next mendukung aplikasi melalui kompiler Huawei Ark yang terintegrasi dengan Layanan Seluler Huawei (HMS). Huawei mengklaim bahwa HarmonyOS Next menghadirkan arsitektur terpadu yang mulus di antara perangkat yang menjalankan HarmonyOS Next, layanan cloud, dan memungkinkan konektivitas tanpa batas di berbagai jenis perangkat.

Menurut Richard Yu, Chairman Huawei Consumer Business Group, sebanyak 15.000 aplikasi dan layanan kini telah menjadi bagian dari ekosistem HarmonyOS Next dengan lebih banyak lagi yang akan hadir di masa depan. HarmonyOS versi sebelumnya juga telah terpasang di lebih dari 1 miliar perangkat secara global, termasuk ponsel pintar, tablet, perangkat pintar yang dapat dikenakan, rumah pintar, dan sistem infotainment mobil.

HarmonyOS Next hadir dengan identitas visual baru yang lebih segar. OS ini menawarkan opsi kustomisasi layar kunci dan layar beranda yang lebih beragam, pusat kendali yang didesain ulang, animasi yang lebih cepat, dan kecepatan peluncuran aplikasi yang lebih mumpuni. Selain itu, terdapat pula fitur kecerdasan buatan (AI) yang mengesankan, didukung oleh model bahasa besar Pangu pada tingkat sistem.

Huawei mengklaim bahwa mereka telah meningkatkan kelancaran perangkat hingga 30% dan mengurangi konsumsi daya hingga 20% dalam komunikasi antar modul perangkat lunak. Huawei Share 2.0 menjanjikan koneksi dan berbagi file yang mulus antar perangkat, dengan kemampuan transfer file sebesar 1,2 GB hanya dalam 8 detik.

Dari sisi keamanan, HarmonyOS Next menghadirkan arsitektur Star Shield yang dikembangkan sendiri, menawarkan perlindungan pada tingkat sistem.

Huawei tengah mendistribusikan versi beta publik HarmonyOS Next kepada pengguna di Tiongkok. Beberapa perangkat yang terdaftar untuk menerima pembaruan beta termasuk seri P50, Huawei Pocket 2, dan MatePad Pro 11 (2024).

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Revolusi Aplikasi Kesehatan: Samsung Health Sajikan Platform Terpadu untuk Kelola Kesehatan

Huawei Nova 13 dan Nova 13 Pro Resmi Meluncur, Hadirkan Spesifikasi Menggoda