in

Nvidia Jadi Perusahaan Paling Berharga di Dunia Berkat Dominasi di Pasar AI

Jakarta, CNBC Indonesia – Nvidia resmi menjadi perusahaan paling berharga di dunia pada Selasa (31/1/2023). Saham produsen chip asal Taiwan itu melonjak 3,6%, yang mendorong kapitalisasi pasarnya mencapai US$3,34 miliar, melampaui Microsoft dan Apple.

Kenaikan nilai saham Nvidia melonjak 170% pada tahun 2024. Lonjakan ini didorong oleh laporan kinerja kuartal pertama yang positif pada awal tahun. Saham perusahaan itu telah meningkat sembilan kali lipat sejak akhir tahun 2022, yang bertepatan dengan munculnya AI generatif.

Nvidia menguasai sekitar 80% pangsa pasar chip AI yang digunakan di pusat data. Bisnis ini sangat penting bagi perusahaan-perusahaan seperti OpenAI, Microsoft, Alphabet, Amazon, dan Meta.

Laporan kuartal terbaru Nvidia menunjukkan bahwa pendapatan dari bisnis pusat data melonjak 427% dibandingkan tahun sebelumnya, yang menyumbang sekitar 86% dari total penjualan.

Nvidia, yang sebelumnya identik dengan kartu grafis dan chip untuk para gamer, telah menemukan jalan baru dalam dunia AI. Baru-baru ini, Forbes melaporkan bahwa CEO dan salah satu pendiri Nvidia, Jensen Huang, menjadi orang terkaya ke-11 di dunia dengan kekayaan bersih US$117 miliar.

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Apple Hentikan Pengembangan Vision Pro 2, Fokus pada Model Lebih Murah

OPPO Rilis Smartwatch dan Earbud Terbaru di Eropa