in

Samsung Luncurkan Sensor Kamera Baru untuk Tingkatkan Kualitas Fotografi Smartphone

Samsung Electronics baru-baru ini meluncurkan tiga sensor gambar baru dari seri ISOCELL, sebuah upaya untuk menjembatani kesenjangan antara kamera utama dan kamera sekunder.

Sensor yang menonjol adalah ISOCELL HP9, sensor gambar telefoto khusus. Sensor ini memiliki resolusi 200 MP dengan piksel 0,56 μm dan ukuran 1/1,4 inci. Sensor ini dilengkapi dengan mikrolensa berbiasan tinggi milik Samsung untuk meningkatkan kemampuan pengumpulan cahaya, mengarahkan lebih banyak cahaya secara akurat ke filter RGB.

Dibandingkan pendahulunya, ISOCELL HP9 menawarkan sensitivitas cahaya 12% lebih baik dan autofokus 10% lebih baik. Sensor ini menggunakan teknologi Tetra-pixel, menggabungkan 16 piksel menjadi sensor 12 MP 2,24 μm yang besar. HP9 juga mendukung mode zoom in-sensor 2x atau 4x, mencapai zoom hingga 12x saat dipasangkan dengan lensa telefoto 3x.

ISOCELL GNJ adalah sensor piksel ganda 50 MP dengan piksel 1,0 μm dan ukuran 1/1,57 inci. Sensor ini dilengkapi dengan bahan isolasi parit dalam (DTI) yang ditingkatkan, bergeser dari polisilikon ke silikon oksida untuk meminimalkan crosstalk antara piksel yang berdekatan.

Selain itu, sensor ini menawarkan konsumsi daya yang lebih baik, dengan pengurangan 29% dalam mode pratinjau dan pengurangan 34% dalam mode video pada 4K 60 fps.

ISOCELL JN5 adalah sensor 50 MP lainnya dengan piksel 0,64 μm dan format optik 1/2,76 inci. Sensor ini mencakup teknologi Dual Vertical Transfer Gate (VTG) untuk meningkatkan transfer muatan dalam piksel, mengurangi noise dalam kondisi cahaya yang sangat rendah. JN5 juga dilengkapi dengan Super QPD (Quad-Phase Detection), yang memungkinkannya untuk membandingkan perbedaan fase baik secara vertikal maupun horizontal, sehingga meningkatkan autofokus.

Samsung menggambarkan JN5 sebagai solusi serbaguna dan ramping yang cocok untuk digunakan di kamera utama dan sekunder, termasuk sudut lebar, sudut sangat lebar, depan, dan telefoto.

Samsung belum memberikan informasi resmi tentang kapan sensor ini akan muncul di smartphone. Namun, ISOCELL HP9 telah terlihat di kamera telefoto vivo X100 Ultra yang saat ini sedang diulas oleh beberapa pihak.

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Xiaomi 14T Pro Meluncur Segera, Spesifikasi Terungkap

ZTE Luncurkan Ponsel Pintar 3D Voyage 3D dan Tablet nubia Pad 3D II