in

Chip 2nm Apple Segera Hadir di iPhone 17 Pro

Apple dikabarkan akan meluncurkan chip 2nm tahun depan, tepat pada jajaran iPhone 17. Berdasarkan laporan terbaru, chip tersebut kemungkinan akan diproduksi oleh TSMC, meski perusahaan pembuat chip asal Taiwan tersebut mengalami kendala produksi.

Apple telah memesan seluruh kapasitas 2nm TSMC. Namun, karena tingginya tingkat kegagalan pada teknologi proses baru, System-on-Chip (SoC) hanya akan diluncurkan pada iPhone 17 Pro dan iPhone 17 Pro Max.

Menurut laporan dari Taiwan, perusahaan chip itu telah mendemonstrasikan produk barunya, tetapi masih membutuhkan bantuan dari pemasok lain untuk mengemas chip tersebut agar siap dipasang di smartphone.

Rekan kerja perlu menyediakan bahan, peralatan, silikon intelijen (IP), dan otomatisasi desain elektronik (EDA) yang secara bertahap berkembang menjadi situasi persaingan "pertempuran kelompok", kata Chou News Agency.

Jalur 2nm telah dipasang di pabrik Baoshan dan akan memulai uji produksi pada Q3 2024, tiga bulan lebih cepat dari jadwal. TSMC diharapkan menyediakan proses N2 untuk Apple dan Nvidia, yang akan membantu perusahaan itu tetap unggul dari Samsung dan Intel di pasar pembuatan chip.

Meskipun demikian, para ahli menggarisbawahi bahwa chip 2nm masih dalam tahap awal pengembangan, dan kegagalan yang tinggi memerlukan waktu untuk diselesaikan. Namun, kehadiran chip tersebut merupakan tonggak teknologi yang signifikan, menjanjikan kinerja yang lebih tinggi dan efisiensi daya yang lebih baik untuk smartphone di masa depan.

What do you think?

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Galaxy S25 Ultra: Bezel Lebih Tipis, Saingi iPhone 16 Pro Max

Samsung Galaxy S25 Series Diprediksi Hadir Tanpa Peningkatan Baterai