in

Nokia Pamit dari Pasar Smartphone, Ganti Nama Jadi HMD

HMD Global, perusahaan yang selama ini dikenal sebagai pemegang lisensi merek Nokia untuk ponsel, telah memasuki babak baru dalam perjalanannya. Sejak awal tahun ini, HMD telah menghentikan penggunaan merek Nokia pada perangkat smartphone yang diproduksinya, beralih ke nama merek sendiri, HMD.

Meskipun HMD masih menawarkan smartphone, ponsel fitur, dan tablet bermerek Nokia selama beberapa bulan terakhir, persediaan untuk produk-produk tersebut tampaknya telah habis, setidaknya di Eropa. Hal ini terlihat dari tidak adanya perangkat bermerek Nokia pada situs resmi HMD, HMD.com/UK.

Penelusuran di situs web resmi HMD di sebagian besar negara Eropa menunjukkan hal yang sama, yaitu tidak adanya perangkat bermerek Nokia. Namun, perangkat Nokia masih tersedia di etalase HMD di Asia, Afrika, Timur Tengah, Australia dan Selandia Baru, serta Amerika Latin. Diperkirakan ketersediaan di wilayah tersebut juga akan segera berakhir.

Kendati demikian, halaman dukungan HMD masih memuat ponsel pintar dan fitur Nokia yang akan terus menerima dukungan perangkat lunak. Namun, belum jelas berapa lama dukungan ini akan berlanjut.

Sebagai klarifikasi, Nokia Corporation (Nokia asli) masih menjadi pemain utama dalam bisnis infrastruktur jaringan dan salah satu pemegang paten terbesar di dunia teknologi. Nokia telah terlibat dalam berbagai tuntutan hukum di masa lalu terhadap sejumlah produsen ponsel cerdas, termasuk Apple, Samsung, dan anggota grup BBK.

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Redmi Note 14 Pro+ Raih Puncak Popularitas, Enam Ponsel Xiaomi Kuasai Pasar

Samsung Galaxy S24 FE: Peningkatan Tersembunyi untuk Pengalaman Lebih Baik