in

6 Tahun Dukungan Samsung Galaxy A16 5G: Terobosan atau Gimmick Pemanjang Usia Ponsel?

Kompasiana.com – Era pergantian ponsel setiap tahun tampaknya telah berakhir. Siklus pemutakhiran dua tahunan pun semakin jarang terjadi. Kini, bahkan ponsel kelas bawah pun dapat bertahan selama beberapa tahun. Dan beberapa di antaranya, seperti Samsung Galaxy A16 5G yang baru, bahkan dapat bertahan sangat lama.

Hp ini menawarkan dukungan hingga 6 tahun, yang berarti akan menerima pembaruan sistem operasi (OS) dan patch keamanan hingga Oktober 2030. Sebuah durasi yang cukup lama untuk sebuah ponsel seharga Rp4 jutaan. Ponsel ini pun bakal mendapat dukungan lebih lama dibanding kebanyakan ponsel kelas atas.

Beberapa produsen, seperti Samsung dan Google, telah memperpanjang dukungan untuk seri ponsel unggulan mereka hingga 7 tahun. Namun, dukungan serupa untuk model kelas bawah baru akan terlihat dalam waktu dekat. Sebagai contoh, model terdahulu, Galaxy A15 5G, hanya dijadwalkan mendapat dukungan selama 5 tahun. Dan itu hanya mencakup 4 pembaruan OS, sedangkan 5 tahun tersebut untuk patch keamanan. Dengan A16, dukungan diperluas menjadi 6 tahun untuk pembaruan OS dan patch keamanan.

Samsung membekali Galaxy A16 5G dengan chipset Dimensity 6300 atau Exynos 1330. Meskipun tidak termasuk yang terbaik, pilihan ini cukup masuk akal mengingat harganya.

Ponsel ini juga memperoleh ketahanan terhadap debu dan air, meskipun hanya dengan peringkat IP54. Namun, tentu saja ini lebih baik daripada tidak ada sama sekali seperti yang terjadi pada A15. Selain itu, slot microSD untuk penyimpanan yang dapat diperluas masih dipertahankan. Sayangnya, colokan headphone 3,5 mm telah dihilangkan.

Perubahan lain pada tahun ini adalah tidak adanya model 4G. Setidaknya belum untuk saat ini, namun A15 dan A15 5G diluncurkan pada waktu yang sama, jadi tidak ada alasan untuk penundaan. Tentu saja, ponsel khusus 4G akan menghilang di beberapa titik, seperti yang terjadi pada ponsel khusus 3G. Namun, pertanyaannya adalah apakah sekaranglah saatnya atau apakah Anda lebih suka ponsel 4G yang lebih murah (dengan dukungan 6 tahun juga)?

Dukungan 6 tahun ini tentu menjadi cara yang bagus untuk mengurangi limbah elektronik. Tetapi apakah menurut Anda ponsel kelas bawah seperti Samsung Galaxy A16 5G akan bertahan hingga 2030 dan tidak terasa terlalu lambat untuk digunakan?

What do you think?

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

XIAOMI Smart Band 9 Pro Segera Dirilis, Intip Bocoran Rendernya!

iQOO 13 Segera Hadir, Usung Lampu RGB pada Kamera Belakang