in

Pertarungan Ketat Pasar Smartphone Global: Apple dan Samsung Saling Tempel

Jakarta, Kompasiana – Laporan terbaru dari Canalys untuk pasar smartphone global pada kuartal ketiga 2024 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengiriman baik secara berurutan maupun tahunan. Hal ini didorong oleh siklus penggantian yang sedang berlangsung, serta persaingan yang semakin ketat.

Samsung masih mempertahankan posisinya di puncak, namun keunggulannya tipis terhadap Apple. Kedua vendor raksasa ini memiliki pangsa pasar yang sama ketika dibulatkan ke angka bulat.

Xiaomi, Oppo, dan Vivo melengkapi jajaran lima besar, tetapi perhatian utama tertuju pada Apple. Perusahaan asal AS ini mencapai volume kuartal ketiga tertinggi. Permintaan yang kuat untuk iPhone 15 dan perangkat baru yang diperkirakan akan mengusung kecerdasan buatan (AI) bulan ini menjadi faktor pendorong.

Namun, alasan utama peningkatan pengiriman Apple adalah pergeseran pasar ke perangkat premium. Performa iPhone 16 diharapkan dapat membantu Apple kembali menjadi perusahaan smartphone terkemuka pada kuartal keempat dan menjaga momentum pada paruh pertama 2025, ketika mereka memperluas fitur AI ke pasar yang lebih luas seperti Eropa dan Tiongkok.

Pasar terlihat sehat menjelang musim belanja liburan, dengan Diwali di India pada 31 Oktober, Singles’ Day di Tiongkok pada 11 November, Black Friday pada akhir November, dan tentunya Natal di akhir tahun.

Canalys menunjukkan bahwa pasar smartphone sedang membaik, tetapi beberapa vendor masih menghadapi tantangan global dalam pembangkitan permintaan dan kendala regulasi, terutama di Uni Eropa.

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

vivo Y19s: Ponsel Tangguh yang Menarik untuk Segmen Menengah

Samsung Galaxy A16 5G: Smartphone Terjangkau dengan Fitur Menjanjikan