in

14T atau 14T Pro: Mana yang Lebih Layak Dipertimbangkan?

Xiaomi 14T Series menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari ponsel kelas menengah atau serba guna. Namun, perbedaan antara Xiaomi 14T dan Xiaomi 14T Pro cukup tipis, sehingga menyulitkan untuk menentukan mana yang lebih tepat untuk dibeli.

Selain itu, 14T Pro memiliki harga yang jauh lebih tinggi dari 14T biasa. Pada saat penulisan, perbedaan harganya sekitar €150-200. Selisih yang cukup signifikan. Mari kita lihat apa saja yang ditawarkan 14T Pro di atas 14T yang sudah sangat baik.

Spesifikasi Sekilas

Ukuran 14T dan 14T Pro hampir sama. Mereka memiliki diagonal layar, tinggi, dan lebar yang sama. 14T sedikit lebih tipis, mungkin karena tidak memiliki koil pengisian daya nirkabel, tetapi lebih dari sepuluh gram lebih ringan.

Perbedaan berat mungkin disebabkan oleh fakta bahwa 14T Pro memiliki bingkai aluminium, sedangkan 14T menggunakan bingkai plastik.

Meski begitu, bukan berarti 14T terasa murahan. Kedua perangkat memiliki tampilan yang bagus dan permukaan seperti kaca matte pada 14T standar sangat nyaman disentuh. Beberapa orang bahkan mungkin menganggap bingkai kotak dengan sisi lurus lebih menarik dan memberikan pegangan yang lebih aman.

Layar

14T dan 14T Pro memiliki layar yang sama – 6,67 inci dengan semua fitur seperti dukungan HDR10+, kedalaman warna 16-bit, dan refresh rate 144Hz.

Tes membuktikan hal ini. Kedua panel mencapai kecerahan 1.200-1.300 nits, memastikan pengalaman menonton yang nyaman di luar ruangan.

Daya Tahan Baterai

Dalam hal daya tahan baterai, 14T Pro adalah pemenangnya, meskipun tidak banyak. 14T Pro secara konsisten mengungguli 14T di semua tes kecuali dalam skenario panggilan 4G. Namun, itu hanya mengungguli saudaranya yang lebih murah. Meski begitu, memilih 14T Pro kemungkinan akan memberi Anda waktu penggunaan ekstra, apa pun aktivitas Anda, apakah menjelajah web, bermain game, atau menonton streaming video.

Karena kedua perangkat menjalankan perangkat lunak HyperOS yang sama dan memiliki baterai dan layar yang sama, ini menjadikan SoC Dimensity 9300+ sebagai satu-satunya variabel yang menambah daya tahan baterai.

Pengisian Daya

Pengisian daya adalah salah satu alasan mengapa Anda mungkin ingin mengeluarkan lebih banyak uang untuk 14T Pro. Ini mendukung standar pengisian cepat 120 watt milik Xiaomi, sedangkan 14T biasa hanya 67W. Sayangnya, tidak ada kotak ritel yang menyediakan pengisi daya yang sesuai, jadi Anda harus membelinya secara terpisah.

Menggunakan kemampuan pengisian daya maksimum 120W akan mengisi penuh perangkat Anda hanya dalam 23 menit. Itu sangat cepat dan jauh lebih cepat dari 14T dengan 67W-nya.

Selain itu, hanya 14T Pro yang mendukung pengisian daya cepat nirkabel 50W dengan dudukan pengisi daya nirkabel milik Xiaomi. Alasan lain untuk memilih 14T Pro.

Speaker

Melihat hasil tes speaker saja, kita dapat menyimpulkan bahwa 14T memiliki speaker yang sedikit lebih baik. Mereka sedikit lebih keras dengan kurva respons frekuensi yang serupa.

Secara subjektif, beberapa orang mungkin menganggap speaker 14T Pro lebih bagus karena memiliki suara yang sedikit lebih penuh, lebih hangat, dan bass yang lebih jelas. Itu tidak berarti 14T tidak memiliki bass, tetapi peningkatan pada nada tinggi menghasilkan vokal yang lebih jelas dan nada rendah yang lembut.

Performa

Performa CPU adalah alasan lain mengapa Anda mungkin ingin memilih 14T Pro. Ini menggunakan chipset MediaTek yang lebih kuat dan lebih andal – chipset Dimensity 9300+ dibandingkan dengan Dimensity 8300 Ultra di 14T.

Chip grafis Dimensity 9300+ juga jauh lebih bertenaga. Hasil benchmarknya ada di sini untuk membuktikannya.

Tidak ada perbedaan dalam konfigurasi memori. Kedua perangkat menawarkan opsi memori yang sama, sementara chip penyimpanan keduanya UFS 4.0. Satu-satunya perbedaan adalah Pro memiliki satu konfigurasi tambahan dengan penyimpanan 1TB dan RAM 12GB jika Anda benar-benar ingin membeli.

Perbedaan performa antara 14T dan 14T Pro sangat besar dan Pro mengungguli saudaranya hingga 77% dalam tugas CPU multi-utas (Geekbench 6) dan 60% lebih baik dalam performa keseluruhannya saat menggabungkan CPU, GPU, memori, dan penyimpanan (AnTuTu 10) . Benchmark 3DMark Wild Life yang banyak menggunakan grafis menunjukkan bahwa GPU 14T Pro 33% lebih cepat.

Kesenjangan performa ini sulit diabaikan, terutama oleh pengguna yang mencari perangkat yang lebih bertenaga.

Kamera

Xiaomi 14T dan 14T Pro memiliki perangkat keras kamera yang sama, tetapi ada beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan. Misalnya, kamera 50MP f/1.7 pada 14T menggunakan sensor 1/1.56" yang lebih kecil, sedangkan Pro mendapatkan sensor 50MP 1/1.31" yang dipasangkan dengan aperture f/1.6. Secara teori, 14T Pro seharusnya menghasilkan foto yang sedikit lebih baik, tetapi kenyataannya, perbedaannya cukup kecil.

Kamera zoomnya juga berbeda. 14T biasa mendapatkan unit 50MP dengan zoom optik 2x, sedangkan 14T Pro memperluasnya menjadi 2,6x. Kamera ultrawide dan kamera selfie semuanya identik – 12MP f/2.2 ultrawide dan kamera selfie 32MP f/2.0.

Dari segi kualitas foto, perbedaannya bahkan lebih kecil. Kamera ultrawide mencapai hasil yang sama pada siang dan malam hari, dan kita dapat mengatakan hal yang sama untuk kamera utama.

14T Pro memiliki sedikit keunggulan di siang hari dengan gambar yang sedikit lebih tajam, menyelesaikan detail yang lebih halus, tetapi Anda harus melihat dari dekat untuk menemukan perbedaannya. Ini sebagian besar terlihat pada dedaunan dan fasad bangunan yang detail. Bahkan sulit untuk melihat perbedaannya pada malam hari.

Kamera zoom 2x 14T memiliki sedikit keunggulan dibandingkan krop zoom 2x dari 14T Pro.

Tetapi kamera zoom 2.6x pada 14T Pro benar-benar tajam, menawarkan kualitas gambar yang superior di siang hari dan hampir sama dalam kondisi cahaya redup.

Kedua ponsel juga berkinerja sama baiknya dalam mode zoom 4x dan 5x masing-masing, meskipun itu adalah zoom digital.

Di departemen video, kedua perangkat saling beradu. Sementara 14T dan 14T Pro menghasilkan video yang tampak serupa dengan kamera ultrawide dan utama mereka, kamera zoom 2x 14T menawarkan video zoom yang jauh lebih baik. Ini hanya terasa lebih tajam.

Di bawah ini kami memiliki beberapa framegrab dari video yang diambil oleh kedua ponsel pada setiap panjang fokus sehingga lebih mudah untuk membandingkannya satu sama lain.

Orang dapat berargumen bahwa kamera utama dan ultrawide 14T Pro menghasilkan video yang sedikit lebih tajam dengan suhu warna yang lebih akurat, tetapi Anda harus melihat sangat dekat untuk melihat perbedaannya. Selain itu, beberapa orang mungkin menyukai rendering video 14T yang sedikit lebih hangat dan nyaman.

Namun, kemampuan malam hari 14T Pro terasa lebih baik. Contoh video yang kami ambil memiliki rentang dinamis yang lebih lebar, lebih tajam, lebih sedikit noise, dan kontras yang lebih baik serta warna yang lebih akurat.

Kesimpulan

Berdasarkan spesifikasi, 14T Pro tampaknya menjadi pilihan yang kurang praktis. Bahkan setelah mengeksplorasi nuansa lebih jauh, orang dapat berargumentasi bahwa Xiaomi 14T sudah cukup baik dan akan membawa Anda lebih dari setengah jalan dengan harga yang jauh lebih murah. Bagaimanapun, kedua perangkat ini berselisih sekitar €150-200.

Di sisi lain, 14T Pro akan membenarkan perbedaan harga bagi pengguna yang mencari performa yang lebih baik dan pengisian daya yang lebih cepat. Di sinilah 14T Pro unggul dari 14T dan unggul dalam pengujian daya tahan baterai dan perbandingan kamera kami.

Tidak ada jawaban yang mudah untuk dilema bagi sebagian besar dari Anda, jadi pertimbangkan prioritas Anda dan putuskan apakah 14T Pro sepadan dengan harga premiumnya tergantung pada apakah Anda menghargai fitur tambahan yang diberikannya.

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Vivo X200 dan X200 Pro Meluncur di China, Siapkan Diri Sambut di Indonesia

Infinix Hot 50 Pro+, Smartphone Tipis dengan Spek Mumpuni