in

Snapdragon 8 Elite, Chipset Terbaru untuk Smartphone Flagship Android

Jakarta – Setelah serangkaian rumor yang beredar, Snapdragon 8 Elite resmi diperkenalkan sebagai chipset flagship terbaru yang siap menggerakkan generasi berikutnya dari smartphone Android kelas atas.

Dengan mengadopsi skema penamaan yang terpadu, Qualcomm menghadirkan Snapdragon 8 Elite yang mengusung CPU Oryon dengan arsitektur delapan inti yang terdiri dari 2 inti utama berkecepatan 4,32 GHz dan 6 inti performa yang beroperasi hingga 3,53 GHz. Kombinasi tersebut didukung oleh cache L2 24MB dan dukungan RAM LPDDR5X 5.300MHz.

Chipset ini dibuat menggunakan proses manufaktur 3nm TSMC dan menjanjikan peningkatan kinerja CPU hingga 45% serta efisiensi daya 44% dibandingkan pendahulunya.

Di sisi grafis, Qualcomm memperkenalkan GPU Adreno baru yang memberikan peningkatan kinerja dan penghematan daya hingga 40%, serta peningkatan performa ray tracing. Snapdragon 8 Elite juga menjadi SoC seluler pertama yang mendukung Unreal Engine 5.3 dan sistem geometri virtual Nanite.

Dalam hal kecerdasan buatan (AI), unit pemrosesan saraf (NPU) Hexagon baru memastikan tugas AI berjalan 45% lebih cepat dengan peningkatan performa per watt. Qualcomm menghadirkan AI Engine-nya dengan dukungan Gen AI multimodal. Model multimodal besar dan kecil memiliki kemampuan untuk menjalankan hingga 70 token pada SLM.

Snapdragon 8 Elite juga dilengkapi dengan pemrosesan sinyal gambar (ISP) yang ditingkatkan, yang terintegrasi erat dengan NPU Hexagon baru. Pengguna dapat menikmati HDR yang lebih baik, warna kulit yang lebih alami, warna langit yang lebih hidup, dan kinerja fokus otomatis yang lebih baik. Qualcomm juga menambahkan segmentasi semantik foto dan video tingkat chip serta fungsionalitas penghapus objek video.

Untuk konektivitas, Snapdragon 8 Elite mengusung modem Snapdragon X80 5G – modem 5G pertama dengan agregasi pembawa downlink 6x dan ekstensi jangkauan mmWave berbasis AI. Qualcomm mengklaim kecepatan unduh puncak mencapai 10 Gbps dan kecepatan unggah teoretis maksimum 3,5 Gbps.

Modem baru ini dipasangkan dengan Sistem Konektivitas Seluler FastConnect 7900, yang merupakan yang pertama menggabungkan Wi-Fi 7, Bluetooth 5.4, dan konektivitas Ultra Wideband dalam satu chip 6nm.

Snapdragon 8 Elite akan digunakan pada smartphone Android flagship mendatang dari Asus, Honor, iQOO, OnePlus, Oppo, Realme, Samsung, vivo, Xiaomi, dan lainnya. Dengan spesifikasi yang mumpuni, chipset ini diharapkan membawa pengalaman seluler ke tingkat yang lebih tinggi.

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Xiaomi 15 Tampil Memukau dengan Snapdragon 8 Elite dan Android 15

Poco Siap Luncurkan Ponsel Ultra untuk Pertama Kalinya