in

WhatsApp Perbarui Fitur Kontak, Tak Perlu Takut Kehilangan Lagi

Jakarta, Kompasiana – WhatsApp baru saja mengumumkan pembaruan penting dalam cara mereka mengelola kontak. Sebelumnya, kontak di WhatsApp hanya terbatas pada kontak yang ada di ponsel tempat aplikasi tersebut diinstal.

Hal ini tentu menjadi masalah bagi pengguna yang kehilangan ponsel mereka atau tidak memiliki cadangan kontak. Selain itu, berbagi ponsel atau mengelola beberapa akun dengan kontak terpisah pada satu perangkat juga dapat merepotkan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, WhatsApp kini menghadirkan solusi berupa pengelola kontak bawaan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan kontak langsung di aplikasi, sehingga tidak akan hilang meskipun berganti ponsel.

Tahap awal implementasi fitur baru ini adalah dengan menyediakan kemampuan menyimpan kontak di WhatsApp Web dan Windows. WhatsApp, yang dimiliki oleh Meta, menyebutkan bahwa pengguna nantinya juga dapat menyimpan kontak di perangkat lain yang ditautkan.

Kontak yang disimpan di WhatsApp menggunakan teknologi penyimpanan baru yang menjaga privasi, disebut Identity Proof Linked Storage (IPLS). Meta mengklaim bahwa IPLS akan mengenkripsi nama dan nomor, dan hanya dapat diakses oleh pengguna yang bersangkutan.

Selain fitur kontak baru, WhatsApp juga berencana untuk meluncurkan sistem nama pengguna di masa mendatang. Hal ini akan memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi tanpa harus mengaitkan akun mereka dengan nomor telepon.

What do you think?

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Revolusi Smartphone: Oppo Reno13 Pro Siap Hadir dengan Spesifikasi Mentereng

Realme GT 7 Pro: Smartphone Andalan Terbaru yang Siap Menggebrak Pasar Indonesia