in

MagicOS 9.0: Sistem Operasi AI yang Menjanjikan Personalisasi Total

Kompasiana News, Beijing – Honor baru-baru ini meluncurkan MagicOS 9.0 di Tiongkok, seminggu sebelum pengumuman seri flagship Magic7. Honor menyebutnya sebagai sistem operasi AI personal yang pertama di dunia dan menekankan integrasi yang lebih mendalam dengan asisten suara Yoyo, atau yang mereka sebut AI Agent.

Berbasis Android 15, MagicOS 9.0 akan bekerja di berbagai aplikasi, memanfaatkan MagicLM, model bahasa milik Honor. Perusahaan mengklaim bahwa MagicLM akan memahami bahasa alami dan visi komputer, serta belajar dari kebiasaan pengguna dan menyadari konteks.

Operasi dalam aplikasi akan memungkinkannya memesan kopi untuk pengguna seperti asisten manusia. MagicLM akan melakukan pembelian itu sendiri dan memverifikasi pembayaran dengan satu perintah saja.

Meskipun model parameter 3B yang baru memiliki parameter lebih rendah daripada model perangkat sebelumnya dengan parameter 7B, MagicLM seharusnya menghasilkan konsumsi daya 80% lebih sedikit, kecepatan pemuatan 77% lebih cepat, dan kecepatan keluaran kata 500% lebih cepat. Semua ini berarti pengurangan penyimpanan sebesar 1,8 GB dan konsumsi RAM sebesar 1,6 GB.

MagicOS 9.0 juga dilengkapi dengan fitur Deteksi Penipuan AI Deepfake, yang pertama di industri, untuk melawan penipuan dan melindungi pengguna.

Dari segi desain, OS ini menghadirkan fitur-fitur baru seperti Desktop Serbaguna, Layar Kunci Ajaib, dan Gaya Ajaib – alat untuk menyesuaikan pengalaman pengguna secara menyeluruh. Terdapat pula Galeri AI, Penghapus AI, Pemulihan Wajah, dan Ekspansi Gambar AI.

Honor telah mengonfirmasi bahwa tiga lusin perangkat akan mendapatkan pembaruan baru ini, beserta jadwal peluncurannya. Namun, pembaruan ini hanya untuk pasar Tiongkok, artinya ponsel di luar Tiongkok harus menunggu sedikit lebih lama.

Diperkirakan MagicOS 9.0 akan tiba secara global pada bulan-bulan pertama tahun 2025, bersamaan dengan peluncuran internasional ponsel Magic7. Saat itulah kita akan mengetahui lebih banyak tentang peluncuran global OS tersebut dan kapan perangkat yang tersedia secara internasional akan mendapatkannya.

What do you think?

Written by Hamzah Arfan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Revolusi Chipset Tensor Google, Beralih ke TSMC untuk Performa yang Lebih Gahar

Honor MagicOS 9.0: Sistem Operasi Canggih yang Dipersonalisasi dengan Kecerdasan Buatan