in

Oppo Find X8 Series: Kamera Mumpuni, Desain Unik, dan Performa Tangguh

Oppo telah meluncurkan seri ponsel flagship Find X8 di Tiongkok, yang diprediksi menjadi pesaing kuat untuk predikat ponsel terbaik tahun ini. Oppo mengusung desain yang diperbarui dengan Find X8 yang lebih ringkas dan Find X8 Pro yang sedikit lebih besar.

Kedua ponsel ini mengusung layar LTPO OLED 6,78 inci dengan resolusi dan kecepatan refresh yang sama. Find X8 Pro menghadirkan inovasi unik dengan layar mikro-quad-curved, yang terlihat seperti panel datar tetapi memiliki lekukan halus di keempat sisinya.

Panel layar pada kedua ponsel ini memiliki kecerahan puncak 1.600 nits dan kecerahan puncak lokal hingga 4.500 nits untuk konten HDR. Tersedia juga kamera selfie 32MP dan pemindai sidik jari optik.

Kamera Serbaguna dengan Desain Unik

Inovasi utama dari seri Find X8 terletak pada sistem kameranya. Oppo menawarkan sistem kamera paling serbaguna hingga saat ini dengan desain Cosmos Ring untuk bagian pulau kamera. Desain ini jauh lebih kecil dari generasi Find X7 sebelumnya dan menampung perangkat keras yang mengesankan.

Find X8 memiliki kamera utama 50MP dengan sensor Sony LYT-700, lensa setara 24mm, dan OIS. Kamera ini dipasangkan dengan modul ultrawide 50MP setara 15mm (ISOCELL JN5) dengan autofokus. Kamera ketiga adalah periskope 3x 73mm yang dibekali sensor IMX882 dengan OIS. Kamera ini menggunakan desain prisma tiga yang lebih ringkas dibandingkan lensa periskop standar.

Find X8 Pro, dengan bodi yang lebih besar, memungkinkan Oppo menambahkan lensa periskop 50MP kedua dengan zoom optik 6x. Lensa ini menggunakan sensor IMX858 dengan bukaan f/4.3 dan OIS.

Telefoto 3x dan sensor ultrawide 50MP masih sama dengan Find X8 standar, sementara kamera utama 50MP memiliki sensor LYT-808 1/1.4" yang lebih besar.

Kedua ponsel ini juga dibekali dengan mesin gambar HyperTone dari Oppo. Mesin ini menggabungkan 9 bingkai RAW menjadi setiap foto untuk menghasilkan kejelasan dan rentang dinamis unggulan, sekaligus mengurangi noise dan artefak. Mode Potret Hasselblad juga hadir, dan Oppo juga menambahkan opsi LivePhoto baru, yang merekam video pendek sebelum dan sesudah mengambil gambar.

Model Pro juga memiliki tombol kamera khusus, yang disebut "Quick Button". Tombol ini dapat membuka aplikasi kamera dengan menekan dua kali, berfungsi sebagai rana khusus, dan juga memungkinkan pengguna untuk memperbesar dan memperkecil gambar. Oppo juga menghadirkan kembali tombol penggeser peringatan.

Performa dan Fitur

Seri Find X8 adalah ponsel pertama dari Oppo yang diluncurkan dengan chipset Dimensity 9400. Chip ini dipadukan dengan sistem pendingin baru yang terdiri dari lapisan grafit, ruang uap, dan gel konduktif termal yang dipasang langsung pada motherboard.

Kedua ponsel ini akan menjalankan ColorOS 15 yang baru diumumkan, yang membawa berbagai fitur AI dan tampilan yang didesain ulang.

Find X8 dibekali baterai silikon-karbon 5.630 mAh, sementara X8 Pro memiliki kapasitas lebih besar 5.910 mAh. Keduanya mendukung pengisian daya kabel 80W dan nirkabel 50W, serta memiliki sertifikasi tahan air dan debu IP69.

Harga dan Ketersediaan

Oppo Find X8 hadir dalam warna Starfield Black, Floating Light White, Chasing Wind Blue, dan Bubble Pink. Harganya mulai dari CNY 4.199 ($590) untuk model 12/256GB dan naik hingga CNY 4.999 ($700) untuk versi 16/512GB.

Find X8 Pro tersedia dalam warna Hoshino Black, Cloud White, dan Sky Blue. Harganya mulai dari CNY 5.299 ($745) untuk model 12/256GB dan mencapai CNY 6.799 ($955) untuk versi RAM 16GB dan penyimpanan 1TB, yang juga menambahkan kemampuan komunikasi satelit.

Pengiriman di Tiongkok akan dimulai pada 30 Oktober. Kedua ponsel ini juga akan tersedia di luar Tiongkok pada waktu yang belum ditentukan.

What do you think?

Written by Inovasee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

OnePlus 13 Siap Melantai 31 Oktober, Usung Kamera Kelas Atas

OxygenOS 15: Upgrade Besar OnePlus yang Fokus pada Kecepatan, Desain, dan AI